--- Horas --- --- Welcome --- --- Huānyíng --- --- Selamat Datang di Blog-nya Krisman Sitindaon ---

Sabtu, 13 November 2010

HTTrack Website Copier 3.43

Mendownload Sebuah Situs dengan HTTrack Website Copier

Dulu saya pernah bersusah payah untuk mengcopy beberapa data penting dari sebuah website. Saya harus bersabar bolak-balik ke warnet, membuka website yang sama, terus membongkar setiap data yang saya inginkan satu persatu, kemudian menunggu beberapa lama sampai data tersimpan. Untung-untung kalau proses penyimpanannya berjalan normal, eh……….. tahu-tahu ada beberapa page (halaman) yang tidak bisa tersimpan. Kemudian data yang bisa tersimpan saya transfer ke FlashDisk Drive (FDD), lalu dibawa pulang, sampai rumah menyalakan PC, terus colokkan FDD, eh………, tahu-tahu datanya ada yang error pula tuh. Kebayang kan bagaimana perasaan saya pada waktu itu???

Lalu timbul ide untuk menggunakan sejenis software untuk bisa menyimpan sebuah alamat website. Lalu saya mencari kesana-kesini, mulai dari eksplore di internet, bertanya dengan teman-teman, melihat majalah dan tabloid kesayangan, sampai ke toko-toko cd langganan. Akhirnya dapatlah beberapa software yang saya cari tersebut., diantaranya Webaroo, InternetSoft Offline Downloader, SurfOffline dan Portable Offline Downloader. Setelah lama mengecapi nikmatnya software- software tersebut, pada suatu hari tanpa sengaja Saya membaca suatu artikel di majalah tentang sebuah software yang berlisensi GPL (free). Karena penasaran (b’coz harga majalahnya mahal banget), saya pun langsung eksplore ke dunia maya dengan Mozilla kesayanganku.

Pada akhirnya dapatlah software tersebut di dunia penyimpanan favorite ku 4Shared. Lalu saya ujicoba dengan mengcopy sebuah blog kecil dan hasilnya sangat memuaskan. Dan saya ujicoba lagi dengan mengcopy sebuah web dan blog yang cukup besar, dan ternyata hasilnya lebih baik daripada semua software yang telah saya nikmati sebelumnya. HTTrack Website Copier 3.43, inilah dia software hebat yang saya maksudkan dari tadi. Dengan software ini, kita bisa mengcopy sebuah blog ataupun website, sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu dan mengeluarkan biaya berlebih untuk bolak-balik ke warnet, karena keseluruhan isi dari suatu blog atau website yang telah dicopy akan dapat dibuka secara offline.

Cara menggunakan HTTrack Website Copier:
1. Download dahulu programnya dari http://www.httrack.com/ atau klik disini
2. Ekstrak dengan program WinRar atau sejenisnya.
3. Install programnya dengan sistem instalasi default (standard).
4. Koneksikan hubungan Internet ke komputer kamu, karena untuk dapat mengcopy suatu web maka kita harus OnLine degan alamat website tersebut….
5. Buat folder khusus di Windows Explorer untuk menyimpan hasil copy-an dari blog atau website yang akan dicopy, misalnya folder DOWNLOAD WEB.
6. Pada isian PROJECT NAME isi dengan nama sesuka hati kita, namun lebih baik diisi dengan nama blog/website yang akan dicopy.
7. Klik tombol yang berada di sebelah kanan isian BASE PATH, kemudian tentukan folder tempat menyimpan hasil copy-an website ke folder yang telah dibuat tadi (pada langkah 5), kemudian klik OK. Lalu klik tombol NEXT.
8. Pada isian WEB ADDRESS (URL) isi dengan alamat website yang akan dicopy, kemudian klik tombol NEXT, dan klik tombol FINISH.
9. Tunggu sampai proses copy / mirroring selesai.
10. Setelah selesai, buka folder tempat copy-an tadi disimpan (folder DOWNLOAD WEB)
11. Untuk membuka hasil copy-an tadi, cukup membuka file index.html pada folder tempat menyimpannya tadi.

Sekarang kita bisa mengcopy alamat website manapun yang kita inginkan, tanpa harus terhubung ke internet (mode offline). Tapi kalau kita mau mengcopy-nya ke dalam Flashdisk Drive agar bisa dibawa dan dibagikan ke teman-teman kita, maka folder tersebut harus dikompres dahulu ke dalam bentuk .zip atau .rar, agar terhindar dari file corrupt. Selamat mencoba, dan semoga puas dengan hasilnya………………

0 komentar:

Posting Komentar

Hukum Ohm



Frekwensi



Kode Warna



My Eye's Logo